Obat Alergi Wajah Karena Kosmetik

Sahabat cantik, mungkin kamu pernah kena alergi karena kosmetik atau yang lain. Saya juga pernah merasakan hal itu, namun karena sudah terbiasa alergi maka tidak menjadikan masalah. Disamping tidak terbiasa melakukan kegiatan diluar rumah, saat alergi menyerang ya hanya dirumah saja. Meski wajah terlihat bentol merah ruam dan gatal, tidak mengganggu aktifitas lainnya.

obat alergi wajah karena kosmetik

Dulu pernah kena alergi kosmetik juga. Waktu itu menggunakan kosmetik yang baru dibeli, sehingga karena tidak ada instruksi khusus penggunaan, langsung saya pakai pada wajah. Selang beberapa jam saja, langsung timbul alergi wajah dengan tanda-tanda seperti :

  • Merah
  • Gatal
  • Bentol-bentol
  • Kadang seperti lebam
  • Merata pada seluruh wajah

Mungkin sudah kebayang juga bagi kamu yang pernah mengalami sekarang ini. Dan jika kamu ternyata wanita yang bekerja diluar rumah atau harus ketemu dengan banyak orang, hal seperti ini akan sangat mengganggu. Disamping penampilan wajah yang aneh, aktifitas jadi kurang nyaman karena tanda-tanda alergi tersebut diatas.

Alergi wajah bisa terjadi karena beberapa hal, bisa dari kosmetik atau makanan pencetus alergi. Maka dari itu perlu untuk mengingat terjadinya masalah kulit wajah kamu

Obat Alergi Wajah Karena Kosmetik

Alergi wajah karena kosmetik yang baru kamu pakai bisa jadi tanda bahwa kosmetik itu tidak cocok untuk kulit wajah kamu. Atau kamu salah dalam menggunakan kosmetik, terutama aturan pakainya. Ada beberapa kosmetik tertentu yang aturan pakainya berbeda. Dan jika aturan pakai ini tidak dengan baik dilakukan, akan dapat menyebabkan timbulkan masalah seperti alergi juga. Maka dari itu penting sekali untuk menggunakan aturan pakai pada kosmetik yang akan kita gunakan.

Sebenarnya tidak ada obat khusus untuk mengatasi alergi karena kosmetik. Kalau kita biarkan saja juga akan sembuh dengan sendirinya. Terkadang rasa perih dan gatal inilah yang membuat kita tidak tahan ingin menggaruk atau mengusapnya. Jika terlalu keras malah akan melukai wajah sendiri. Untuk itu cara cepat mengobati alergi wajah harus dapat mengurangi rasa itu.

  • Minum obat anti alergi. Obat anti alergi ini banyak jenisnya, salah satu yang sudah umum dan mudah untuk didapatkan adalah CTM. Jika menderita alergi dengan jenis apapun, yang biasa saya gunakan adalah obat alergi ini. Murah dan mudah untuk didapatkan dengan dosis yang rendah. Saya sering terkena alergi dingin, dan dulu terbiasa menggunakan incidal mulai dosis yang rendah sampai tinggi. Sekarang jarang alergi dingin dan sebisa mungkin menggunakan bahan alami untuk obat alergi jika sudah menyerang.
  • Hentikan penggunaan kosmetik apapun itu. Jika alergi datang dari kosmetik baru yang kamu gunakan, hentikan dahulu. Stop, jangan diteruskan. Tunggu hingga alergi sembuh dan konsultasikan dengan penjual dimana anda beli kosmetik tersebut. Seorang penjual harus tahu semua seluk beluk dari barang jualannya. Ini salah satu hal penting juga sebagaiĀ obat alergi wajah karena kosmetik.
  • Gunakan obat alami juga seperti air kelapa atau susu. Dua minuman ini terkenal dengan penetralisir zat dalam tubuh kita. Zat dalam tubuh yang tidak cocok dengan kosmetik akan dinetralkan. Sehingga kulit wajah menjadi lebih cepat sembuhnya seperti yang diharapkan.

Cara mencegah alergi kosmetik pada wajah

Kita tidak pernah tahu kosmetik yang cocok untuk kulit wajah sebelum menggunakan. Dan harapan kita semua saat menggunakan kosmetik, tentu saja cocok untuk kulit wajah. Sehingga lebih mempercepat perubahan pada kulit wajah menjadi lebih cantik seperti yang kita inginkan. Kita seakan lupa jika kulit setiap orang tidak sama untuk menanggapi suatu bahan kosmetik. Ada yang punya jenis kulit tebal, yaitu bisa menggunakan berbagai kosmetik. Namun ada juga yang punya kulit sensitif, yang tidak sembarangan kosmetik dapat digunakan.

Untuk mencegah alergi pada kulit saat menggunakan kosmetik, terutama pada kulit sensitif, bisa menggunakan cara berikut ini :

  • Tanyakan pada penjual kosmetik, bagaimana cara menggunakan kosmetik tersebut dan apa pantangannya. Tidak semua kosmetik punya cara pemakaian yang sama. Meskipun pada kemasan ada cara menggunakan namun ada hal lain yang terkadang berbeda. Seperti halnya cream sari. Maka, untuk menggunakan krim sari haruslah sabun terlebih dahulu selama 3 hari baru kemudian krim siang dan selanjutnya krim malam.
  • Coba dahulu kosmetik sebelum menggunakan pada seluruh kulit wajah kamu. Untuk mencobanya bisa dengan cara mengoles sedikit dahulu dibelakang telinga dan tunggu beberapa saat atau sehari. Jika dalam sehari muncul berbagai sifat alergi seperti ruam, merah, bentol dan gatal, maka kosmetik tersebut tidak cocok untuk kulit wajah anda.
  • Menghentikan dahulu minimal seminggu jika ingin menggunakan kosmetik yang lain. Saat anda ingin berganti kosmetik, sebaiknya menghentikan penggunaan kosmetik lama minimal seminggu. Baru kemudian gunakan kosmetik yang baru. Ini bertujuan untuk menetralisir kulit anda dari bahan kosmetik lama. Setelah wajah netral maka dapat menggunakan kosmetik yang baru. Jika ini anda hiraukan dapat menyebabkan masalah kulit wajah karena bahan kosmetik yang kontras pada kulit wajah anda.

Obat alergi wajah merupakan pilihan terakhir jika sudah terlanjur terkena alergi. Maka dari itu, mengetahui berbagai penyebab alergi dan pengetahuan tentang kosmetik yang akan kita gunakan sangat penting sekali. Jangan sampai setelah kejadian baru kita sadari hal itu. Budayakan selalu membaca tentang hal perawatan kecantikan kulit wajah yang anda lakukan. Semoga yang sedikit tentangĀ obat alergi wajah karena kosmetik bermanfaat untuk sahabat semua. Salam hangat widjiume.com

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *