Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Wajah Ruam Merah Bentol Gatal Akibat Kosmetik

Sahabat wanita, jadi cantik merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari seorang wanita. Wajah bersih cerah, pipi yang tampak halus dan lembut, bibir sensual, mata jentik, dan tentu saja tidak tampak adanya atau bekas jerawat pada kulit wajah. Dan masih banyak lagi kriteria untuk menjadikan kulit wajah wanita agar disebut cantik.

Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Wajah Ruam Merah Bentol Gatal Akibat Kosmetik

Maka dari itu, untuk menjadikan wajah tampak sehat dan cantik diperlukan perawatan tambahan bagi wajah seperti cream kecantikan wajah yang aman BPOM dan tidak menyebabkan masalah baru bagi kulit wajah seperti alergi, ruam, bentol, gatal, kemerah-merahan akibat kosmetik yang digunakan tadi.

Wajah yang timbul masalah setelah beberapa saat menggunakan kosmetik merupakan salah satu efek dari kosmetik tertentu. Meskipun ada beberapa penyebab lain yang menjadikan kulit wajah tampak tidak seperti biasa setelah menggunakan kosmetik kecantikan wajah. Maka dari itu harus segera di atasi untuk membuat kita tidak malu dan tidak membuat perawatan kecantikan semakin sulit. Untuk itu harus diketahui beberapa hal tentang masalah ini.

Penyebab Alergi Wajah Ruam Bentol Merah Gatal akibat kosmetik :

  • Wajah tidak cocok dengan bahan kosmetik tersebut. Adakalanya tidak semua kosmetik itu baik dan cocok untuk kulit wajah wanita atau pria. Sehingga bahan yang ada tidak menjadikan kulit lebih baik, namun dapat mendatangkan alergi pada wajah. Hal ini biasanya ditandai dengan beberapa masalah setelah menggunakan kosmetik kecantikan wajah. Akhirnya wajah menjadi tampak ruam merah gatal bentol yang kemudian disebut dengan alergi kosmetik.
  • Makanan tertentu yang dapat menimbulkan reaksi terhadap bahan kosmetik yang digunakan. Bisa jadi saat menggunakan kosmetik pada awalnya tidak ada masalah. Wajah terlihat seperti apa yang diharapkan dan tampak lebih baik lagi. Namun seiring perjalanan tiba-tiba timbul alergi wajah yang tidak biasa. Dan ini juga sering terjadi pada sahabat. Kasus ini ternyata salah satu penyebabnya adalah makanan yang di konsumsi bereaksi dengan kosmetik yang telah digunakan. Makanan sensitif yang biasa menjadi pencetus alergi merupakan salah satu penyebab yang harus kita hindari. Atau tidak terlalu banyak dalam mengkonsumsinya, agar tidak timbul alergi saat menggunakan kosmetik tertentu.

Dari beberapa penyebab alergi diatas yang banyak terjadi pada kalangan wanita adalah yang pertama. Ini juga karena kurangnya informasi dari penjual, pembeli atau produk kosmetik itu sendiri. Terkhusus bagi pembeli, sudah seharusnya tidak begitu saja menggunakan kosmetik yang dibelinya tanpa mencoba terlebih dahulu. Apakah kosmetik tersebut menimbulkan alergi pada wajah atau tidak. Maka perlu sekali dilakukan test atau uji coba terlebih dahulu.

Beberapa cara mencegah timbulnya alergi wajah akibat kosmetik :

  1. Gunakan kosmetik original/BPOM bukan palsu, tapi benar-benar ASLI
  2. Ikuti aturan pakai kosmetik yang anda gunakan
  3. Jangan mengkonsumsi makanan pencetus alergi selama awal penggunaan kosmetik
  4. Coba sedikit dahulu untuk menentukan bahwa kosmetik cocok untuk kulit wajah kita

Setidaknya dengan cara diatas itu anda akan dapat mengurangi atau mencegah timbulnya alergi saat menggunakan kosmetik pada kulit wajah anda. Meskipun setiap orang akan berbeda menanggapi rangsangan pada bahan kosmetik, ada yang langsung membuat kulit wajah alergi merah, bentol, ruam, gatal dan lain sebagainya. Ada juga yang sudah beberapa hari atau minggu baru terasa alerginya. Dan bisa jadi penyebabnya bukan dari krim pemutih wajah, namun dari hal lain seperti makanan.

Kosmetik original/BPOM untuk mengetahuinya mudah sekali, yaitu tinggal kita cek di notifkos BPOM. Disana kita dapat memeriksa apakah nomor BPOM dari kosmetik yang akan kita gunakan masih terdaftar atau tidak. Jika terdaftar maka kita lanjut ketahap selanjutnya. Yaitu siapa yang menjual produk tersebut. Hati-hati dengan harga murah. Cari harga pasaran yang ada jika kosmetik tersebut sudah terkenal. Karena yang palsu pasti harganya murah. Dan banyak sekali kosmetik palsu dijual dengan harga murah.

Kosmetik yang palsu ini berbahaya karena memang mengandung bahan berbahaya. Sehingga jika dijual dengan harga murah sangat wajar. Beli kosmetik kiloan, kemudian beri pewarna yang sesuai dengan kosmetik asli, dikemas pula dengan yang aslinya. Hasilnya dapat terlihat 99% asli. Makanya dijual harga murah, karena yang mereka fikirkan hanya keuntungan semata. Efek dari kosmetik palsu ini akan dapat membahayakan kulit wajah dan kesehatan anda.

Ikuti aturan pakai kosmetik. Banyak orang yang tidak tahu cara menggunakan krim kecantikan. Mereka berfikir bahwa setiap kosmetik pemutih wajah sama saja. Sehingga kesalahan penggunaan krim wajah ini dapat pula menjadikan kulit wajah alergi dan kurang maksimal dalam penggunaannya. Tanyakan pada penjual kosmetik, kalau perlu tanyakan juga sudah pakai atau belum dan cara yang baik untuk menggunakannya bagaimana.

Sebelum menggunakan secara maksimal pada kulit wajah, sebaiknya coba dahulu dibelakang telinga kita. Biarkan hingga sehari dan kita lihat ada reaksi apa. Jika tidak ada reaksi apapun, maka krim wajah tersebut aman dan bisa dilanjutkan penggunaannya. Namun jika ada reaksi seperti gatal, merah maka kosmetik tersebut bisa jadi tidak cocok untuk kulit wajah.

Selama menggunakan kosmetik, hal lain yang dapat menimbulkan alergi adalah makanan. Makanan pencetus alergi yang terdiri dari ikan laut dan telur bisa menjadi salah satu penyebabnya. Jadi bahan kosmetik yang anda gunakan pada kulit wajah, dapat menimbulkan reaksi alergi jika anda mengkonsumsi makanan tersebut. Untuk itu sebaiknya hindari terlebih dahulu saat awal menggunakan kosmetik pemutih wajah.

Cara mengatasi alergi jika sudah terjadi

Jika anda menggunakan kosmetik ternyata mengalami alergi, maka bisa jadi kosmetik tidak cocok untuk kulit wajah anda. Dan biasanya kita akan terlihat panik dan banyak hal lain yang kita fikirkan. Apalagi jika kita setiap hari harus bertemu dengan orang banyak. Maka wajah merah bentol, ruam, bisa menjadi satu hal yang menakutkan :D. Untuk itu beberapa cara mengatasi alergi adalah sebagai berikut ini :

  • Hentikan penggunaan kosmetik. Jangan diteruskan dahulu karena bahan kosmetik tidak cocok untuk kulit wajah kamu.
  • Anda bisa minum obat anti alergi yang sudah umum. Bisa CTM atau incidal. Obat ini minimal akan dapat mengurangi rasa gatal yang anda alami.
  • Alergi ini merupakan reaksi dari dalam tubuh anda. Untuk itu cari minuman yang dapat menetralisir racun seperti air kelapa atau susu.
  • Jangan panik dan tetap tenang. Karena bisa membuat anda stress dan alergi akan semakin tambah lama sembuhnya.

Alergi merupakan reaksi yang timbul pada tubuh jika ada rangsangan dari luar yang dianggap membahayakan. Namun alergi juga membuat kita kurang nyaman. Bukan saja visual yang terlihat beda, terkadang menimbulkan rasa sangat gatal ingin selalu menggaruknya.

Demikian yang dapat saya share dari beberapa pengalaman yang saya alami tentangĀ Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Wajah Ruam Merah Bentol Gatal Akibat Kosmetik, semoga bermanfaat untuk sahabat semua.

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Penyebab dan Cara Mengatasi Alergi Wajah Ruam Merah Bentol Gatal Akibat Kosmetik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *